Saturday, October 12, 2019

Pengertian Teknologi Budidaya Pertanian

Sejatinya adalah alat, cara atau metode yang digunakan dalam mengolah tanaman sampai dewasa atau siap panen agar berdayaguna dan berhasilguna baik berupa produk bahan mentah, setengah jadi maupun siap pakai.
Dalam prosesnya sendiri, Teknologi budidaya tanaman tidak bisa lepas dari suatu proses yang bernama fotosintesis. Fotosintesis adalah suatu proses biokimia pembentukan karbohidrat dari bahan anorganik yang dilakukan oleh tumbuhan, terutama tumbuhan yang mengandung zat hijau daun, yaitu klorofil.
Ada 4 unsur utama yang diperlulkan tanaman agar proses fotosintesis dapat terjadi. 4 hal itu yaitu…
1.       Tanah

Tanah memiliki beberapa unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tanaman untuk berfotosintesis. Unsur-unsur tersebut antara lain karbon (C), Hidrogen (H), Oksigen (O), Fosfor (P), Kalium (K), Kalsium (Cl), Belerang (S), Magnesium (Mg), Nitrogen (N), dan Besi (Fe).

Tanah memiliki banyak manfaat yang dapat digunakan, diantaranya menanam tumbuhan. namun tanah juga bisa rusak bila terdapat banyak polusi. Maka dari itu konservasi tanah dan perawatan tanah sangat penting untuk dilakukan.

Tanah memiliki 2 unsur yang membentuknya, yaitu :
a). Unsur Mineral (Fraksi Anorganik)
       
        Yaitu komponen penyusun tanah dengan persentase paling tinggi, angkanya mencapai 45 %. Unsur ini terbentuk dari proses pelapukan batuan yang berlangsung dalam jangka waktu lama.

b). Unsur Organik (Humus)

        Hanya berjumlah 5 % yang berasal dari proses dekomposisi yang berasal dari makhluk hidup yang mati.


2.       Cahaya

Suatu gelombang elektromagnetik yang kasat mata dengan panjang gelombang sekitar 380–750 nm. Cahaya juga merupakan salah satu syarat agar tanaman dapat berfotosintesis. Namun tidak semua energi cahaya dapat diabsorbsi(diserap) oleh tanaman untuk fotosintesis.  Cahaya yang hanay dapat diserap tanaman mempunyai panjang gelombang 400 Ml Micron – 750 Ml Micron yang disebut PAR (Photosyntethic Activity Radiation).

Fotosintesis memang perlu cahaya, namun ada beberapa tanaman yang hanya butuh sedikit cahaya. Sebaliknya jika terlalu banyak cahaya maka pertumbuhan tanaman tersebut akan terganggu.

Beberapa sifat cahaya yang dapat dimanfaatkan tanaman antara lain :

a). Dapat menembus zona bening (air) yang berguna untuk tanaman dibawah permukaan air.
b). Sifat paparan cahaya matahari yang berbanding lurus terhadap luas permukaan.

3.       Udara

Udara di bumi terdiri dari 3 unsur utama, yaitu udara kering, uap air, dan aerosol. Kandungan udara kering adalah 78,09% nitrogen, 20,95% oksigen, 0,93% argon, 0,04% karbon dioksida, dan gas-gas lain yang terdiri dari neon, helium, metana, kripton, hidrogen, xenon, ozon, radon.. Udara merupakan salah satu syarat penting lainnya agar tanaman dapat berfotosintesis.

Pada pagi hari tanaman menyerap Karbon Dioksida (CO) dan melepaskan Oksigen (O₂), sedangkan pada malam hari adalah sebaliknya. Timbul dilematis bahwa Oksigen (O₂) yang dihasilkan tumbuhan pada siang hari diambil kembali pada malam hari. Kenyataannya tidak demikian, pada siang hari tumbuhan melakukan aktivitas optimum dengan bantuan sinar matahari tumbuhan melakukan fotosintesis, menghasilkan Oksigen (O₂) dan zat gula. Pada malam hari aktivitas tumbuhan sangat rendah, sehingga Oksigen (O₂) yang diperlukanpun sangat rendah dan bahkan kurang dari setengah oksigen yang dihasilkan pada siang hari. Kelebihan Oksigen (O₂) tersebut dibutuhkan oleh manusia dan hewan.

Udara juga mempunyai kelembaban yang dapat mempengaruhi laju pertumbuhan tanaman. Ada beberapa tanaman yang  perlu kelembaban udara yang tinggi untuk tumbuh semisal jamur. Ada juga tumbuhan yang hanya perlu kelembaban udara yang rendah, semisal kaktus.


4.       Air

Air adalah unsur yang memenuhi ⅔ dari seluruh permukaan bumi, tidak heran bila hampir disetiap aktivitas kehidupan air adalah benda yang selalu diperlukan. Tidak terkecuali bagi tanaman, air adalah salah satu syarat agar fotosintesis dapat terjadi.

Beberapa fungsi air bagi tanaman adalah :
a) Pengisi cairan tubuh tanaman.
b) Pelarut unsur hara yang terdapat di dalam tanah.
c) Membantu penyerapan unsur hara (makanan) dari dalam tanah oleh akar tanaman.
d) Mengangkut unsur hara ke seluruh organ tanaman.
e) Membantu memperlancar metabolisme terutama pada proses fotosintesis lalu mengangkut hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tanaman.
f) Melancarkan aerasi udara dan suplai oksigen dalam tanah.



No comments:

Post a Comment